Tips Sebelum Membeli Laptop Bekas Murah dan Berkualitas

Laptop bagus gak murahan tapi lagi nggak punya banyak duit! tenang kali ini saya akan menjelaskan bagaimana trik sebelum membeli laptop bekas yang baik agar nantinya anda tidak menyesal.

Satu hal yang bisa ngelakuin yaitu Hunting.Beda ya sama berburu kelinci, berburu laptop itu maksudnya nyari-nyari harga laptop seken harga bagus.

Boleh hunting langsung ke sumbernya Misal Harco Mangga Dua kalau di Jakarta atau kalau kamu merasa sibuk dan mager mending pakai cara mainstim aja yaitu hunting di lapak online.

Di mana pun mau belanja ada berapa aturan wajib dari pengalaman saya kalau beli laptop bekas.

Tips Sebelum Membeli Laptop Bekas Murah dan Berkualitas

Sama seperti nyari apa pun, kamu harus tahu apa yang sebenarnya kamu butuhin. Bisa jadi laptop bisnis, ultrabook bahkan estimasi tahun pembuatan dan generasi prosesor nya.

Dengan ini kamu nggak akan asal hilaf beli laptop, pengalaman gue laptop gaming dan ultrabook itu ideal dicari seken nya karena harga barunya relatif mahal serta punya kualitas lebih tinggi daripada laptop-laptop murah biasa.

Jadi sekalipun masih seken jatohnya masih prestise dan umumnya nggak mengecewakan.
Begitu juga laptop-laptop bekas inventaris kantoran semacam Lenovo thinkpad X1 carbon 2014 yang gua pakai sekarang ini.

Mau offline atau online saat kamu udah nemuin laptop yang menarik bandingin dulu sama lapak-lapak sebelah yang jual laptop bekas yang masih layak pakai agar ada pertimbangan beli atau enggaknya beli barang tersebut.

Tapi jangan ketipu juga sama harga barang yang lewat murah.

Selanjutnya kalau udah ketemu jodoh maksudnya laptop yang nampaknya cucok udah Nanyain apa saja kelengkapan dan minus laptop tersebut sama si penjual entah via chat atau telepon, tapi tiba-tiba penjual nawarin untuk ngirimin laptopnya via JNE mending cari yang dekat dengan kota anda.

Sangat disaranin kamu nyari laptop yang penjualan satu kota sama kamu, karena sama seperti beli mobil bekas menurut gue beli laptop bekas tuh harus ketemuan atau COD untuk menghindari penipuan.

Intinya kamu ngelihat langsung dan nyobain laptop itu dulu, jadi langsung aja janjian sama si penjual di tempat umum yang pasti atau di rumah atau di tempat sepi tak masalah.

Lanjut dulu terus ketemu sama si penjual di TKP, kalau kamu merasa kurang jago soal komputer boleh juga minta ditemenin teman yang lebih paham.

Seperti biasa pengecekan saya mulai dari cek fisik, body ada bekasnya tonatau enggak, cek layar ada dead pixel atau enggaknya, Apakah spesifikasi sesuai dengan yang ada di lapak online.

Terus keyboard, trackpad, speaker, webcam dan koleksi port tak kalah penting jalannya koneksi Bluetooth dan wi-fi. Namun jangan lupa juga cek kesehatan hardisk:

  • Pertama bisa kalian lakukan di command prompt di administrator, lalu jalankan perintah ceklis.
  • Buka WMIC ketik  diskdrive get status kalau laporan kerusakan dan Oke berarti hardisk masih dalam kondisi Prima.

Satu lagi yang penting adalah Kondisi baterai yang kalian bisa cek dengan metode ini.
Buka Windows powershell masukkan perintah powercfg/batteryreport dan cek laporannya di sistem tertuju.

Dengan bandingin full charge capacity dan desain xi lalu hitung persentase nya dengan rumus Berikut. Kita bisa lihat berapa persen penurunan kesehatan batu dari kondisi aslinya.

Menurut saya sekitar 70% dari kapasitas asli itu tergolong bagus, tapi kalau kurang dari 60% Berarti kamu masih siap-siap ganti baterai.

Oh ya tanya juga kapan terakhir kali laptop tersebut dibersiihin, karena disarankan jeroan laptop itu dibersihin tiap tahun untuk menghindari panas akibat penumpukan debu.

Terakhir wajib cek windowsnya asli atau bajakan, paling gampang kalian bisa cek di Task Manager ada claim track yang jalan atau enggak misalnya KMS auto. Kalau semuanya aman Selamat Anda boleh langsung meminang laptopnya.

Ketika udah selesai transaksi lalu balik rumah, sebelum mulai facebook-an nginstal-install pindahin data dulu ke laptop itu sebaiknya cek lagi apakah ada file-file dan software bekas pemilik sebelumnya yang masih berkeliaran.

Lagi-lagi untuk mengeliminasi risiko Malware Seperti contohnya keyloger lebih bagus lagi kalau laptop tersebut langsung direset aja dan mulai dari nol lagi. Kalau udah kelar selamat dengan laptop baru.

Sekedar saran saja mengenai tips yang sudah saya jelaskan di atas tidak bisa memperkirakan 100% semua resiko terkait membeli barang bekas.

Tapi yang pasti bisa mengurangi resiko salah beli, pada akhirnya barang apapun yang mau kamu beli itu nggak cuma sesuai sama kemauan tapi ujung-ujungnya juga pasti sesuai sama kemampuan dan kebutuhan.

Bagaimana komentar kalian apakah membeli laptop bekas itu menguntungkan atau tidak, silahkan tuliskan di kolom komentar.

REFERENSI : "chanel Nerd Review ID"
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter