6 Cara Cepat Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Semua Merk Dengan Benar

Bluetooth adalah perangkat lunak atau fitur unggulan yang dimiliki oleh beberapa perangkat keras  yang ada di laptop maupun handphone.

Fungsi bluetooth sendiri adalah sebagai media transfer file mengirim atau menerima berkas dari perangkat satu ke perangkat lainya.

Dengan adanya bluetooth anda bisa mentransfer dari laptop ke handphone maupun sebaliknya.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki bluetooth, salah satunya adalah bisa mengirim file tanpa menggunakan kabel.
6 Cara Cepat Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Semua Merk Dengan Benar
Pada postingan kali ini saya akan membagikan beberapa trik mengenai cara mengaktifkan bluetooth di laptop sampai cara menggunakannya.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dan PC Dengan Mudah dan Cepat

Sebelum menjalankan bluetoooth di laptop acer anda pastikan terlebih dahulu kalau laptop tersebut dilengkapi fitur Bluetooth atau tidak, bagaimana cara mengeceknya?

  1. Langkah pertama buka terlebih dahulu Device Manager, untuk langkah praktisnya bisa menggunakan tombol Windows + X pada keyboard. Lalu pilih Device Manager.
  2. Apabila devie manager sudah terbuka, anda bisa melihat tampilan informasi di sana seperti, macam-macam perangkat keras apa saja yang sudah terpasang pada laptop dan salah satunya adalah Bluetooth. Biasanya jika Bluetooth anda sudah terpasang di laptop maka akan muncul logo berwarna biru lambing Bluetooth.
  3. Jika kamu tidak menemukan Bluetooth di daftar menu Device Manager, kamu bisa melihat pada bagian kategori Network Adapters yang juga terdapat pada menu Device Manager.

Apabila anda sudah yakin Bluetooth sudah terpasang di perangkat anda, maka langkah selanjutnya adalah mengaktfikan Bluetooth dengan berbagai cara di bawah ini.

1. Cara mengaktifkan Bluetooth di Laptop acer lewat settingan windows.

Salah satu teknik dalam mengaktifkan Bluetooth di laptop acer maupun semua merk adalah dengan Settings Windows. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara:

  • Pada pengaturan di Windows 8, menu Setting dengan trik mengarahkan kursor ke pojok kanan bawah laptop. Setelah itu pilih Change PC Setting.
  • Jika menu PC Setting sudah terbuka, selanjutnya pilih Wireless. Bisa kita lihat Wi-Fi dan Bluetooth di sebelah Wireless Device.
  • Setelah itu, kamu bisa mengaktifkan Bluetooth dengan klik bagian yang ada di sebelah bagian bluetooth yang dikotaki dengan warna biru.

Kini Bluetooth yang ada di laptop anda sudah menyala dan siap di gunakan.

2. Menyalakan Bluetooth di Laptop Acer Melalui Device Manager.

Banyak orang yang belum menyadari kalau bisa mengaktifkan Bluetooth lewat menu Device Manager. Untuk cara penggunaanya sangat mudah dan simpel di jalankan.

Setelah menu Device Manager muncul, selanjutnya cari Bluetooth yang ada di daftar tersebut. Lalu klik Bluetooth tersebut, maka akan terlihat piranti keras Bluetooth yang terpasang di laptop.

Klik kanan dan akan muncul beberapa opsi. Selanjutnya pilih Enable untuk mengaktifkan Bluetooth tersebut.

3. Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Lewat Tombol Keyboard.

Di atas sudah di menjelaskan cara mengaktifkan Bluetooth dengan device manager dan setingan windows, kali ini kita akan menggunakan fitur tombol yang ada ppada keyboard.

Untuk mengaktifkan Bluetooth lewat keyboard, tidak semua laptop maupun komputer memilikinya, pastikan laptop kamu dilengkapi dengan fasilitas Bluetooth yang sudah built-in.

Langkah yang pertama cari tombol keyboard dengan ikon Bluetooth. Untuk mengaktifkan Bluetooth, kamu hanya perlu menekan tombol tersebut.

Tombol Bluetooth tersebut biasanya berada di salah satu tombol F1 sampai F12. Setelah itu, perangkat Bluetooth yang ada di laptop kamu akan aktif secara otomatis.

4. Menggunakan Dongle.

Apasih dongle itu? Dongle merupakan sebuah hardware bluetooth external atau biasa di pasang di luar komputer atau laptop.

Biasanya dongle dipasang pada laptop atau komputer yang hardware bluetoothnya eror atau tidak tersedia.

Umumnya dongle usb bluetooth ini sudah dilengkapi dengan program dan driver khusus yang akan terinstall secara otomatis saat kamu mencoloknya ke laptop/pc.

5. Jangan lupa Install Driver.

Banyak pengguna laptop ataupun komputer tidak menyadari jika Bluetooth yang mereka akan jalanakn tidak bisa nyala karna lupa menginstal driver.

Melakukan instalasi driver Bluetooth perlu di lakukan agar dapat di jalankan. Lalu bagaimana cara mendapatkannya?

Driver Bluetooth ini biasanya terdapat pada CD/DVD bawaan yang terdapat saat kamu pertama kali membeli laptop guys.

Bila kamu tidak mendapatkan cd atau dvd nya maka bisa mendownload via online lewat website resmi merk laptop yang anda gunakan, contohnya website lapop acer.

Disana di sediakan berbagai macam driver yang lengkap sesuai dengan laptop yang anda gunakan.

6. Gunakan System Tray.

Cara terakhir yang akan kita gunakan dalam mengaktifkan Bluetooth di laptop yaitu menggunakan system tray. Lalu bagaiana cara menggunakannya, simak ulasanya berikut ini.

  • Pada taskbar yang berada di bawah jendela Windows, kamu pergi ke system tray yang terletak di sebelah kanan. Tekan ikon panah ke atas untuk membuka ikon lainnya.
  • Apabila sudah menemukan ikon Bluetooth, langkah selanjutya adalah klik kanan untuk memilih berbagai menu yang bisa kamu lakukan.
  • Add a Bluetooth Device tentu untuk menambahkan koneksi perangkat dan Show Bluetooth Device untuk melihat perangkat terhubung atau pernah terhubung sebelumnya.
  • Kalau kamu mau berkirim atau menerima file, tinggal menunju pilihan Send a File atau Receive a File.

Itulah cara 6 cara cepat mengaktifkan bluetooth di laptop semua merk dengan benar. JIka ada pertanyaan terkait pembahasan di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter