Pengertian Peluang Usaha Secara Umum Menurut Para Ahli Dan Contohnya

Rata - rata banyak orang yang belum mengetahui tentang pengertian peluang usaha secara umum. Mungkin bagi para pengusaha khususnya yang senior mendengar kata “peluang usaha” bukan hal yang asing lagi.

Karna mereka sendiri juga berperan dalam manjalankan bisnisnya. Arti dari kata “Peluang Usaha” ada 2 suku kata yaitu; Peluang yang memiliki makna kesempatan, dan Usaha yang bermakna aktivitas dalam mencapai sesuatu dengan kemampuan diri sendiri untuk mencapai tujuan tertentu yang di inginkan.

Pengertian peluang usaha secara singkat adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki.

Faktor-faktor Yang menentukan Peluang Usaha yaitu :

  • Faktor Teknologi.
  • Faktor Komunikasi.
  • Faktor Informasi.
  • Faktor Manusia.
  • Dan lain-lain.

Pengertian Peluang Usaha Secara Umum Lengkap Menurut Para Ahli

Sebelum memulai sebuah bisnis pastinya mencermati terlebih dahulu peluang usaha apa yang tepat untuk di kembangkan. Bahkan sebelum memulai membangun sebuah usaha hendaknya anda juga wajib memikirkan life span peluang usaha yang sedang di targetkan.

Pengertian Peluang Usaha Secara Umum Menurut Para Ahli Dan Contohnya

Namun kebanyakan orang yang baru memulai sebuah bisnis justru terfokus pada usaha yang sedang trend saja tanpa memikirnya kedepanya nanti.

Alhasil dari usaha yang mereka lakukan tanpa memikirkan kedepanya nanti bakalan maju atau tidak akan berdampak pada kondisi sebuah perusahaan tersebut. Lalu bagaimana cara mengantisipasi agar peluang usaha yang kita jalankan tidak sia - sia dan merujuk pada sebuah kegagalan.

A. Ciri - ciri peluang usaha yang potensial dan menjanjikan

Pernahkan kalian berfikir jika di sekelilinh kita banyak sekali sebuah peluang usaha yang bisa di jadikan pondasi menuju kesuksesan? Berikut ini merupakan ciri-ciri sebuah peluang usaha yang potensial untuk anda kembangkan.

  • Memiliki nilai jual yang menjanjikan.
  • Bukan hanya ambisi yang kuat, namu harus di sertai dengan sifat rill atau nyata.
  • Bisa di jalankan dalam jangka waktu yang lama.
  • Bukan bisnis musiman.
  • Mampu di kembangkan menjadi skala yang lebih besar.
  • Modal yang di siapkan tidak langsung besar.
  • Usaha yang di jalankan mampu mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.

Menurut Harmaizar Z di  bukunya Menangkap Peluang Usaha edisi 2, beberapa faktor penting wajib diperhatikan agar sebuah usaha bisa memiliki umur panjang.

B. Melakukan analisa partial

Memang kedengaranya terlihat asing kata-kata tersbut, namun Analisa partial atau biasa orang menyebutnya dengan Analisis Partial Budgeting merupakan sebuah tindakan untuk mengukur perubahan dalam dunia usaha.

Umumnya pengukuran yang di lakukan pada biaya produksi, penerimaan dan keuntungan pada sebuah usaha. Melakukan Analisa partial penting di lakukan agar kita dapat melihat keuntungan serta kerugian yang anda alami.

Gambaranya adalah seperti ini, calon pemilik usaha harus melakukan proyeksi anggaran terlebih dahulu agar nantinya kedepan berbagai macam kerugian dan hambatan bisa di tangani dengan baik.

C. Melakukan analisa komprehensif

Di dalam pengertian peluang usaha secara umum terdapat aspek Analisa komprehensif, dimana hal ini perlu di lakukan sebelum membangun sebuah usaha.

Bagaimana cara melakukan Analisa komprehensif secara menyeluruh? Simak penjelasanya di bawah ini.

1. Khualitas Produk
Kita pastinya sudah kalau khualitas sebuah produk yang di jual merupakan salah satu faktor suksesnya sebuah usaha.

Khualitas produk khususnya makanan bukan hanya di nilai dari rasanya saja, namun seberapa tahan produk tersebut terhadap waktu simpan. Oleh karena itu pentingnya melakukan analisis produk sebelum mulai menjualnya ke masyarakat luas.

Mencari tahu mengenai keperluan dari konsumen juga penting untuk mengetahui produk apa yang mmereka butuhkan sehari - harinya.

Hal ini tersebut seringkali di kaitkan dengan usability testing dan concept testing yang membahas tentang ide, pangsa pasar, deskripsi barang, benefit produk untuk konsumen.

Cara terbaik untuk mengetes sebuah produk unggulan adalah dengan membuat banyak produk dan menyuruh orang terdekat untuk mencobanya. Setelah mencoba produk tersebut maka mintalah pendapat dari mereka mengenai khualitasnya.

2. Analisa kelayakan Industri
Menganalisa kelayakan industry bisa di lihat dari tapilan produk yang di buat. Pahami juga konsep usaha dari kompetitor atau pesaing anda, baik yang sudah lama maupun masih baru.

Ciri – ciri industri yang menarik memilik beberapa faktor seperti:

  • mampu tumbuh dan berkembang dengan baik.
  • diperlukan oleh konsumen.
  • industry masih muda atau baru.
  • margin keuntungan yang di dapat cukup besar.
  • pesaing atau kompetitor yang masih sedikit.

Seringkali kita temui sebuah perusahaan atau industry yang hanya memiliki sedikit produk namun bisa berkembang dengan besar, hal ini terjadi karna mereka mudah membuat inovasi yang hebat.

3. Organisasi yang tertata
Sebuah perusahaan atau industri tidak akan sukses jika organisasinya tidak tertata rapih. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan seperti : keahlian menejemen, kompetensi organisasi Anda mulai dari karyawan sampai ke tingkat menejer dan pastikan memiliki sumberdaya manusia yang mumpuni.

4. Analisis Keuangan
Sebuah peluang usaha yang di jalankan agar mempu berjalan dengan lancar maka harus memperhatikan faktor keuangan yang dimiliki. Beberapa faktor keuangan yang harus di perhatikan seperti kinerja keuangan, modal dan uang kas yang dimiliki, dan keuntungan yang masuk.

Bagi seorang pemula perlu memahami pengertian peluang usaha secara benar, agar dalam mengerjakan usaha tersebut mampu berjalan dengan lancar. Di luar sana memang banyak bertebaran berbagai peluang usaha yang mamu di jalankan, namun tidak semuanya mampu anda jalani dengan baik dan ada kesulitan tertentu.

D. Contoh peluang usaha yang sedang ramai saat ini

Apabila anda jelih dalam melihat berbagai peluang usaha terutama di lingkungan anda, maka akan menemukan berbagai macam jenis usaha yang bisa di kerjakan.

Berbagai kegiatan bisa anda jalankan, mulai dari bisnis offline sampai online semuanya ada kelebihanya masing - masing. Contoh peluang usaha yang di kerjakan secara online, serta mampu meraup keuntungan yang lumayan besar.

  • menjalankan bisnis dropshipper dan reseller.
  • menjadi seorang penulis artikel lepas.
  • menekuni usaha menjadi seorang blogger professional.
  • usaha  jasa dessain grafis.
  • jasa pembuatan website.

E. Sumber - sumber peluang usaha

Melihat berbagai sumber peluang usaha dalam menjalankan sebuah pekerjaan juga hal yang perlu anda perhatikan. Lalu darimana saja sumber - sumber peluang usaha, simak penjelasanya berikut ini.

a. dari diri sendiri.
Salah satu sumber peluang usaha adalah datang dalam diri kita sendiri, mengapa demikian?

Sebenarnya banyak sekalipotensi peluang usaha yang bisa anda kerjakan melalui ide dari diri sendiri, bisa melalui hobi atau keahlian yang dimiliki tinggal di kembangkan lebih dalam.

b. dari lingkungan.
Yang kedua datang dari lingkungan sekitar, beberapa contoh misalnya:

  1. usaha warisan orang tua yang sudah di jalankan sejak lama, dan anda bisa mengembangkanya agar menjadi besar.
  2. usaha yang bisa saja muncul di sekitar rumah anda.
  3. ide saat browsing atau mencari informasi di internet.

c. dari Konsumen
permintaan atau rekomendasi produk dari konsumen juga bisa di jadikan ide untuk peluang usaha yangs edang anda jalankan. Contohnya saja jika ada complain dari pembeli lalu mereka merekomendasikan beberapa hal yang harus di sediakan atau di rubah dari produk tersebut.

d. dari perubahan-perubahan yang terjadi
Perubahan yang terjadi pada lingkungan usaha yang anda jalankan juga termasuk ide yang bagus untuk di terapkan pada bisnis anda. Terkadang perubahan gaya atau minat masyarajat juga berpengaruh pada hal bisnis yang anda jalankan.

F. Pengertian peluang usaha menurut para ahli

1. Thomas W. Zimmerer.
Pengertian peluang usaha dari Thomas W. Zimmerer yaitu  sebuah aktivitas yang berasal dari kreativitas dan inovasi bertujuan memecahkan masalah dan melihat kesempatan yang dihadapi setiap hari.

2. Robbin and Coulter.
Menurut Robbin dan Coulter pengertian dari peluang usaha yaitu sebuah proses yang melibatkan individu atau kelompok yang menggunakan sarana dan prasarana  tertentu dalam menciptakan suatu nilai taumbah guna memenuhi sebuah kebutuhan tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan.

3. Arif F. Hadiparanata.
Menurut Arif F. Hadiparanata Pengertian peluang usaha yaitu sebuah resiko yang akan di hadapi dan di jalankan untuk mengelola dan mengatur segala urusan yang ada hubungannya dengan finansial bisnis.

Mungkin itu saja dari saya pembahasan mengenai pengertian peluang usaha dalam kewirausahaan menurut para ahli dan contohnya. Jika ada pertanyaan seputar tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter