Tips Memulai Usaha Frozen Food atau Makanan Beku yang Menjanjikan Di Rumah

Berbincang mengenai peluang bisnis frozen food nampaknya cukup membuat banyak orang antusias bahkan sampai merealisasikan untuk membangunya.

Lalu apa sih yang di maksud dengan frozen food?

Frozen food adalah makanan setengah matang atau siap saji yang dikemas dan dibekukan lalu kemudian bisa di olah kembali dengan cara memanaskanya saja. Banyak kelebihan yang ada di makanan yang di bekukan, salah satunya adalah mampu memperpanjang masa simpan bahan makanan tersebut.

Ada sebuah kisah sukses dari seseorang yang menjalankan bisnis frozen food yang bernama pak yudhi dwinanto. Beliau merupakan salah satu darisekian banyaknya orang yang telah sukses menjalankan usaha makanan beku di Indonesia.

Sebelum terjun ke dunia bisnis khususnya berjualan makanan beku, pak wdinanto merupakan seorang PNS. Setelah meninggalkan pekerjaanya sebagai seorang PNS, pak dwinanto mulai menekuni usaha jualan frozen food rumahan secara mandiri.

Bahkan kini dia mampu meraup omset 30 sampai 60 jutaan dalam sebulan, angka yang besar bukan. Lalu bagaimana caranya untuk meniru sebuah kesuksesan orang yang telah berhasil menjalankan sebuah usaha, simak ulasanya berikut ini.

Analisa Usaha Frozen Food yang Menjanjikan untuk Pemula

Membangun sebuah bisnis khususnya usaha frozen food memerlukan strategi yang matang serta tepat agar berjalan dengan lancar. Namun terkadang banyak orang yang mengabaikan hal tersebut, dan mengakibatkan bangkrutnya sebuah usaha.

Tips Memulai Usaha Frozen Food atau Makanan Beku yang Menjanjikan Di Rumah

Lalu bagaimana cara mengatur strategi untuk membangun sebuah bisnis agen frozen food agar berhasil, silahkan simak di bawah ini.

1. Menentukan produk yang akan dijual

Sebelum memulai usaha frozen lebih tepatnya anda harus memikirkan produk apa yang ingin di jual atau di pasarkan. Ada beberapa produk frozen food yang laris di pasaran dan sering kita jumpai, contohnya udang, bakso, atau lainnya.

Mengapa harus memilih produk dahulu? Hal ini bertujuan untuk mengetahui terlebih dahulu minat konsumen agar mereka mau memberli produk anda. Daftar makanan beku atau frozen food yang laris di pasaran:

  • Ikan segar laut atau seafood: Udang kupas, kerang, cumi-cumi dan ikan laut tersedia dalam berbagai ukuran.
  • Daging beku : Daging ayam dan daging sapi menjadi primadona, biasanya dalam bentuk sosis, daging asap atau daging giling.
  • Sayuran potong siap masak : memang kedengaranya aneh, namun olahan makanan yang satu ini sedang trend semenjak tahun 2016 an.
  • Cemilan atau makanan ringan : saat ini bukan hanya olahan makanan daging dan ikan saja yang bisa di jual dalam keadaan beku, namun sudah ada inovasi lainya seperti brownis dan roti.

2. Menyiapkan modal usaha frozen food

Modal usaha menjadi salah satu pondasi utama untuk berdirinya sebuah usaha.
Namun ada juga beberapa usaha yang bisa di jalankan tanpa modal.

Modal yang di perlukan memang terbilang besar karna harus membeli peralatan cukup banyak dan harganyapun tidak murah.

Saran saya jika belum memiliki modal yang besar maka jangan sekali - kali untuk meminjam ke bank, karna resiko nantinya akan besar dan menghambat jalanya usaha anda.

3. Pilih Peralatan

Memang jika kita perhatikan dalam menjalankan usaha frozen food terlihat sederhana, namun ada beberapa alat wajib yang harus di beli dan harganya tidak murah. Alat yang wajib ada untuk memulai bisnis makanan beku adalah freezer dan alat pembungkus (packaging).

Apabila anda kekurangan modal dalam menjalankan usaha frozen food, bisa menitipkanya ke tetangga yang memiliki kulkas atau minimarket sekitar tempat anda.

4. Teknik pemasaran atau promosi

Di jaman modern saat ini bukan perkara sulit untuk 1memasarkan berbagai produk yang anda miliki. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk makanan beku yang sudah di siapkan.

Keuntungan pemasaran menggunakan media sosial yaitu mampu menjangkau calon konsumen lebih luas serta biaya promosi yang murah. Ada pula Teknik yang lebih ampuh yaitu promosi dari mulut ke mulut atau testimonial orang yang sudah membeli produk kita.

5. Dapatkan Lisensi Makanan

Apabila anda ingin memperbesar usaha frozen food menjadi agen atau ingin mendirikan franchise maka harus mendapatkan lisensi terlebih dahulu agar jelas dan di akui pemerintahan.
Baca Juga : Peluang bisnis jualan seblak dan membuka franchise sendiri
Agar bisa mendapatkan sebuah izin selain makanan olahan daging, cukup ke dinas perindutrian setempat atau hanya PIRT saja.

Beda halnya jika anda menjual produk olahan daging beku maka harus menemui pihat BPOM, dan untuk biaya yang harus di keluarkan cukup mahal.

7. Memperluas jaringan pertemanan atau komunitas

Tahukah kamu jika keberhasilan sebuah usaha juga di pengaruhi oleh jaringan atau sebuah komunitas tertentu. Hal ini terjadi karna sebuah jaringan yang besar mampu memberikan ide ataupun insight baru dalam menjalankan bisnis.

Jaringan pertemanan maupun komunitas yang luas juga bisa mambantu memasarkan usaha frozen food anda.

8. Distributor atau Reseller

Mencari distributor atau reseller merupakan salah satu trik bagi anda yang masih ragu untuk merekrut karyawan. Memasarkan produk anda Bersama distributor atau reseller mampu meringankan penjualan serta resiko yang di terima lebih kecil.

9. Membuka usaha waralaba frozen food

Tak heran banyak pengusaha yang mencoba peruntungan dalam membangun usaha frozen food menggunakan Teknik waralaba. Selain hasilya yang besar, membangun waralaba frozen food juga mempermudah pemasaran produk anda sendiri ke konsumen dengan bantuan banyak karyawan.

10. Fokus pada suatu produk

Fokus pada salah satu produk menjadi kunci keberhasilan dari usaha frozen food. Namun hal ini jarang di lakukan oleh beberapa pengusaha karna mereka lebih tertarik menjalankan usaha dengan berbagai produk.

Fokus pada suatu produk artinya maksimalkan produk yang sudah ada dengan mengkreasikanya menjadi lebih menarik dan unik dari yang lain.

Memulai fokus pada salah satu produk bertujuan untuk menjaga khualitas rasa yang di hasilkan.

11. Menentukan lokasi usaha

Lokasi usaha menjadi salah satu penting untuk di perhatikan, kenapa demikian? Karna lokasi usaha menjadi landasan utama untuk menjaring berbagai konsuen yang akan datang. Untuk kriteria lokasi yang strategis dalam menjalankan usaha frozen food yaitu dekat dengan jalan utama, mudah di jangkau, di pusat keramaian.

12. Keuntungan Menjual Makanan Beku atau frozen food

Tahukah anda jika memulai bisnis frozen food memiliki banyak kelebihan yang akan anda terima, lalu apa saja kelebihanya?

Salah satu kelebihan yang ada dalam menjalankan usaha Frozen food adalah praktis untuk di konsumsi konsumen serta mudah pemasaranya. Jenis olahan makanan yang praktis dan harga terjangkau tersebut memiliki nilai lebih di mata konsumen.

Ada pila kelebihan lainya yaitu tidak menggunakan pengawet atau MSG pada olahan makanan beku yang di jual. Itulah pembahasan saya kali ini mengenai tips memulai usaha frozen food atau makanan beku raup untung besar di rumah.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter